Tips Perawatan Kulit Eksim Saat Cuaca Dingin

Tips Perawatan Kulit Eksim Saat Cuaca Dingin

Secreten Hancers¬†–¬†Eksim membuat kulit Anda sangat sensitif. Apalagi saat musim hujan, seperti sekarang. Paparan udara dingin dapat memperburuk gejala eksim. Karena itu, Anda harus merawat kulit Anda sebaik mungkin agar gejala eksim tidak mudah bereproduksi. Lihatlah perawatan kulit eksim selama udara dingin berikutnya. Eksim adalah kondisi kulit yang menyebabkan ruam kering yang sangat mengiritasi, bersisik dan gatal. Selain itu, eksim juga bisa berupa massa kecil air yang bisa pecah saat dikerok. Epidemi eksem kulit dapat menyebabkan kudis dan risiko infeksi.

Tahukah Anda bahwa paparan udara dingin dapat memperburuk eksim? Ya, selain terlalu panas, paparan udara dingin dan kering juga dapat memperburuk gejala eksim. Apalagi jika Anda cenderung bekerja di ruangan ber AC. Ini karena udara dingin menyebabkan hilangnya air pada kulit, yang menyebabkan dehidrasi sel sel kulit dan menyebabkan pengeringan kulit. Nah, kondisi kulit kering ini bisa memperburuk eksim. Jika Anda memiliki kondisi kulit ini, Anda harus sangat berhati-hati selama musim hujan atau berada di ruangan ber AC. Perawatan kulit yang bisa Anda tangani, termasuk mudah untuk anda lakukan sendiri seperti berikut ini :

Tips perawatan kulit eksim saat cuaca dingin

  1. Pastikan Anda hindari mandi dengan air panas

Udara dingin pasti membuat Anda ingin mandi air panas. Namun, pada penderita eksim, mandi dengan air panas selama musim hujan dapat membuat gejala lebih buruk. Yang terbaik adalah mandi dengan air hangat akan jauh lebih baik untuk kodisi tersebut. Selain itu, jangan mandi terlalu lama. 5-10 menit sudah cukup. Kemudian pilih sabun untuk kulit sensitif tanpa pewangi, pengawet atau pewarna. Gosok kulit Anda dengan lembut secara merata dan bilas sampai bersih. Lalu, tepuk lembut kulit Anda dengan handuk. Jangan menggosok kulit karena dapat menyebabkan gatal pada kulit.

  1. Gunakan pelembab udara

Udara dingin cenderung mengeringkan udara dan dapat mengeringkan kulit. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan pelembab ruangan atau ruang kerja Anda untuk menjaga kelembaban udara. Untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur, Anda harus membersihkan humidifier setiap tiga hari menggunakan air suling atau air demineral, yang tidak mengandung mineral. Cara ini wajib untuk anda lakukan agar gejala eksim tidak muncul kembali.

Tips Perawatan Kulit Eksim Saat Cuaca Dingin

  1. Gunakan pakaian yang aman untuk kulit

Kulit eksim sangat sensitif karena penghalang yang melindunginya rusak. Untuk ini, Anda perlu memperhatikan bahan-bahan tertentu pada pakaian yang dapat mengiritasi kulit. Sekalipun udaranya dingin, hindari pakaian wol atau nilon. Pilih pakaian katun yang tidak terlalu tebal. Ini menghindari panas dan keringat yang dapat menyebabkan kambuhnya eksim.

  1. Sering menggunakan pelembab kulit

Kulit eksim mengharuskan Anda mempertahankan hidrasi kulit yang optimal. Untuk alasan ini, Anda harus sering menggunakan pelembab pada kulit, apakah setelah mandi, sebelum tidur, atau setelah mencuci tangan. Pelembab untuk eksim tidak sama dengan pelembab yang dirancang untuk kulit normal. Secara umum, pelembab terhadap eksim mengandung hidrokortison, bubuk hidrokortison atau petrolatum. Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakan pelembab ini.

  1. Minum air putih

Minum air yang cukup dapat mencegah dehidrasi kulit Anda. Jadi pastikan selalu minum cukup air setiap hari. Selain air, Anda bisa menikmati teh, kopi, atau cokelat panas yang cocok untuk diminum untuk menghangatkan tubuh saat udaranya dingin. Kemudian pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D. Mengapa? Menurut sebuah penelitian di Rumah Sakit Umum Massachusetts, frekuensi kekambuhan dan keparahan gejala kulit eksim pada anak-anak Mongolia tampaknya telah menurun secara signifikan setelah diminta untuk mengonsumsi suplemen vitamin D setiap hari di musim dingin. Tetapi sebelum menggunakan suplemen ini, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

3 Makanan untuk penderita eksim yang perlu dikonsumsi

  1. Makanan yang kaya akan probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup dan tumbuh di dalam tubuh. Makanan yang kaya akan probiotik seperti yogurt, tempe, dan kefir akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Selain itu, makanan yang berbeda ini juga dapat mengurangi reaksi alergi pada kulit.

  1. Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu melawan peradangan di tubuh. Ikan yang kaya omega 3 adalah salmon, tuna, dan sarden. Namun, Anda juga harus berhati-hati saat makan ikan. Pastikan Anda tidak alergi terhadap ikan ini. Dikutip oleh Livestrong, jika Anda alergi terhadap ikan, Anda bahkan bisa menderita eksim setelah makan makanan laut.

  1. Makanan kaya flavonoid

Flavonoid adalah antioksidan yang membantu melawan peradangan dalam tubuh. Antioksidan juga membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel sehat. Bagi mereka yang menderita eksim, makan makanan yang mengandung flavonoid membantu mengurangi peradangan. Makanan yang kaya akan flavonoid adalah brokoli, apel, ceri, dan bayam.