Tanda Tanda Dan Gejala Dari Penyakit Asam Urat

Tanda Tanda Dan Gejala Dari Penyakit Asam Urat

Secreten Hancers – Asam urat adalah bentuk radang sendi yang menyebabkan kemerahan, pembengkakan dan rasa sakit yang tiba-tiba di persendian. Terkadang ada orang awam yang menyebutnya Asam urat, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Jempol kaki adalah bagian paling umum dari Asam urat, tetapi penyakit ini juga dapat menyerang sendi kaki lainnya, seperti lutut, pergelangan kaki dan telapak kaki. Asam urat juga kadang-kadang terjadi pada lengan, tangan, pergelangan tangan, dan siku. Tulang belakang juga bisa terpengaruh walaupun jarang. Meskipun Asam urat dapat menjadi penyakit kronis, ia dapat disembuhkan dan dicegah agar tidak kambuh. Kondisi tersebut dapat dicegah dengan mengurangi beberapa faktor dari gaya hidup. Anda dapat konsultasikan dengan dokter pribadi untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa umumkah Asam urat?

Asam urat terjadi pada sekitar 1 dalam setiap 200 orang dewasa. Penyakit ini dapat menyerang semua orang, tanpa memandang usia dan jenis kelamin, tetapi pria lebih mungkin mengalaminya dari pada wanita. Umumnya, Asam urat terjadi pada pria berusia 30 hingga 50 tahun pada pria, sedangkan pada wanita, ada lebih banyak pada wanita menopause. Menimbang hal itu, kelompok usia remaja dan anak-anak sangat jarang mengetahui penyakit ini.

Tanda tanda dan gejala dari penyakit Asam urat

Apa saja gejala Asam urat?

Pada beberapa kasus, Asam urat tidak memiliki gejala pada awalnya. Gejala-gejala Asam urat biasanya mulai muncul ketika pasien telah menderita penyakit akut atau bahkan kronis. Gejala yang paling umum adalah nyeri sendi parah dan mendadak, yang sering terjadi pada pagi pertama, sendi yang menggembung atau bengkak dan lunak, sendi kemerahan, merasakan panas di sekitar sendi.

Gejala-gejala Asam urat biasanya muncul tiba-tiba, tidak terduga, dan sering terjadi di tengah malam. Sebagian besar gejala Asam urat terjadi hanya beberapa jam setelah 1-2 hari. Tetapi pada kasus yang parah, nyeri sendi dapat terjadi dalam beberapa minggu. Jika Anda merasakan gejala-gejala ini, asam urat Anda cukup serius.

Sementara itu, ada juga orang yang mengalami gejala Asam urat selama 6 hingga 12 bulan – pada intensitas yang berbeda setiap hari. Kondisi ini, cukup serius, dan jika Anda mengalaminya, yang terbaik adalah segera berkonsultasi dengan dokter. Mungkin ada tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang gejala tertentu, kunjungi dokter Anda.

Tanda Tanda Dan Gejala Dari Penyakit Asam Urat

Ada tiga tahap Asam urat tergantung pada tingkat keparahannya, yaitu:

Langkah pertama. Pada tahap ini, kadar asam urat telah meningkat dalam darah, tetapi tidak ada gejala asam urat muncul. Anda tidak akan pernah merasakan gejala asam urat. Biasanya, orang yang mengalami gejala Asam urat hanya selama penyakit ginjal pertama mereka.

Langkah kedua. Saat memasuki tahap kedua, tingkat asam urat yang terlalu tinggi telah membentuk kristal yang biasanya muncul di jari kaki. Pada titik ini, Anda akan merasakan sakit pada persendian, tetapi itu tidak akan berlangsung lama. Setelah beberapa saat, Anda akan mengalami gejala Asam urat lainnya dengan frekuensi yang semakin meningkat.

Langkah ketiga. Pada fase ketiga ini, gejala asam urat tidak hilang dan kristal asam urat yang terbentuk tidak menyerang satu sendi pun. Bahkan, pada titik ini, gumpalan zat muncul dan mengkristal di bawah kulit. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit yang lebih hebat dan dapat merusak tulang rawan.

Kebanyakan orang dengan penyakit ini hanya memiliki satu atau dua tahap. Sangat jarang, orang dengan Asam urat telah mencapai tahap ketiga karena sebagian besar pasien dengan Asam urat tahap kedua dapat diobati dengan benar.

Kapan saya harus ke dokter?

Jika Anda mengalami beberapa gejala yang disebutkan di atas, segera konsultasikan dengan dokter Anda untuk perawatan segera. Asam urat dapat menyebabkan kerusakan sendi jika tidak ditangani. Jika Anda demam dan persendian Anda panas dan meradang, berkonsultasilah dengan dokter karena ini bisa menjadi tanda infeksi.

Apa yang bisa menjadi penyebab Asam urat?

Jadi, pada kenyataannya, penyebab asam urat adalah terlalu banyak asam urat dalam tubuh itu sendiri. Dalam keadaan normal, tubuh melepaskan bahan kimia ini ke dalam urin dan feses. Namun, pada penderita asam urat, jumlah asam urat terlalu banyak dan tidak bisa diobati oleh tubuh. Pada akhirnya, zat tersebut akan membentuk kristal dan menumpuk di sekitar sendi, menyebabkan peradangan.

Jadi apa penyebab asam urat di tubuh bagian atas? Penyebab asam urat terlalu tinggi dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Purin adalah bahan kimia yang diproduksi secara alami oleh tubuh, tetapi mereka juga terkandung dalam banyak jenis makanan. Ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung purin, tubuh mengubahnya menjadi asam urat. Dengan demikian, semakin banyak Anda mengonsumsi makanan yang mengandung purin, semakin tinggi risiko asam urat.